The Hairy Clan: Nippon You Had Me at Hello: Day 3

Wednesday, August 8, 2012

Nippon You Had Me at Hello: Day 3

OSAKA, KYOTO
Senin, 14 Mei 2012
Today's Itinerary: Nishiki Market, Gion, Pontocho 

Osaka
Ohayou gozaimasu minna-san! Hari ini aktivitas pagi dimulai dengan beres-beres koper, karena kita akan pindah ke..... KYOTOOOOO!! Maka, di jam 10 pagi, we bid farewell to our teeny tiny room at Villa Fontaine Shinsaibashi...

IMG_3015
IMG_3016 IMG_3014 IMG_3017 IMG_3018 IMG_3019 IMG_3027

Bagaimanakah kesan-kesan menginap di HVF Shinsaibashi? Puas banget! Pertimbangan saya dalam memilih hotel adalah: akses mudah, affordable, bersih, free internet connection, dan sukur-sukur kalo dapet sarapan khratis. Hamdalah HVF ini memenuhi semua kriteria di atas. Dengan harga ¥ 9800/ night sudah include breakfast (traditional breakfast pula lho dapetnya.. kurang asoy apa coba?) dan jarak cuma 3 minit jalan kaki ke Shinsaibashi stesyen sih oke banget namanya.

Saya dan suami anaknya gampang puas kok.. Mau kamar cuma segede lubang semut, selama kami bisa tidur nyenyak disitu, tak masyalah qaqaaa.

Keluar dari HVF kami langsung menyiapkan diri untuk aksi geret-gotong-geret-gotong koper keluar masuk stesyen lagi. ASIKNYAAA!!!

IMG_3028

Dari Osaka menuju Kyoto jaraknya cuma 24 menit dengan JR Special Rapid. Deket banget ya? Rasaan dari rumah saya mau ke PIM aja masih lebih lama. Dan setelah naik sepur, ke Kyoto kami menuju!

IMG_3037

Kyoto
Sekitar jam setengah 11, sampailah kami di Kyoto Station. Langkah yang harus dilakukan selanjutnya setelah turun di Kyoto Station adalah, pindah ke jalur Karasuma line untuk meneruskan perjalanan menuju ke hotel. Tapi kok dicari-cari dari ujung ke ujung si Karasuma Line ini tak tampak ya. Line siluman jangan-jangan.

Mau nanya orang pun bingung, soalnya semua keliatan sibuk-sibuk dan jalan buru-buru.

IMG_3058
Coba cek-cek lagi itin dan peta nya mba.
Bener gak namanya Karasuma Line?
IMG_3063
IMG_3077
Gimana cara nyegat orangnya coba?
Dikala kebingungan, Eki ngusulin untuk coba turun ke bawah dulu, dan jalan ke arah pintu keluar Kyoto Station. Dan untuuungg aja kita turun, karena dibawah ternyata ada "Tourist Information Centre" Hamda? Lah! Setelah tanya-tanya dikasih tau kalo menuju Karasuma Line itu kita harus keluar Kyoto Station dan langsung turun ke arah pertokoan di depannya. Ya wajar aja ya dari tadi dicari gak ketemu.

Setelah ketemu Karasuma line, kami meneruskan perjalanan sampai ke hotel.

IMG_3082
Hotelnya nempel sama Department Store mini.
Selama di Kyoto, kami nginep di Super Hotel Shijo Kawaramachi (review menyusul). Another budget hotel with free internet connection and breakfast *Yayness*. Akses dari stesyen menuju hotelnya memang gak segampil hotel di Osaka kemarin. Karena sambil geret koper kita kudu masuk-masuk Takashimaya dan nyebrang-nyebrang jalan segala. TAPI! Lokasinya super stratehis.

Seperti biasa karena sampe hotel belum jamnya check in, kita cuma titip koper, isi-isi form, dan lanjut jalan-jalan lagi.

Dari hotel, tujuan kami selanjutnya adalah menuju Nishiki Market. Yang mana jaraknya tinggal koprol dari hotel. Inilah makanya kenapa saya bilang letak si Super hotel ini bener-bener strategis. Mau ke Pontocho? mau ke Gion? semuanya walking distance dari hotel.

Apalagi buat kamu-kamu yang suka belanja *bahasa bagaikan majalah remaja*, nginep di Super Hotel akan menjadi musuh berat dompet dan tabungan. Ya wong keluar hotel kanan kiri shopping centre semua. Jalan dikit dari hotel, ada OPA, di sebrang jalan ada Takashimaya, sebelah kiri ada Kyoto Marui, ke kanan banyak deretan toko-toko kecil yang lucu. Gimana gak pusing liatnya?

Tapi karena tujuan utama saya ke Kyoto bukan untuk belanja, jadi mari pasang kacamata kuda dan langkahkan kaki menuju Nishiki.

IMG_3083
Toko-toko dan resto-resto kecil di deket hotel
IMG_3189
IMG_3262
IMG_3263

IMG_3085
Gak kayak di Osaka dan Tokyo, di Kyoto kita bakal sering banget liat orang ber-kimono atau ber-yukata
IMG_3271
IMG_3238
IMG_3088
Konon jumlah penduduk paling banyak di Kyoto adalah orang-orang berusia renta.
Dan pada kenyataannya emang kita sering banget sih ketemu Oma Opa di sini.
IMG_3090
Toko yang isinya pernak-pernik lucu semua.
Kalo gak mikir berat bawanya udah borong piring cantik selusin kayaknya
IMG_3093
Familiar sight in Japan. Makan ramen sambil berdiri.
Shinkyogoku

Menuju Nishiki Market, kita sempet lewatin Shinkyogoku. Semacam lorong panjang yang kanan kirinya dipenuhi toko-toko, restoran, dan terkadang nyempil kuil-kuil kecil. Kurang lebih bentuknya miriiiiiippppp banget sama Shinsaibashi-Suji di Osaka.

IMG_3095

Baru jalan sedikit di Shinkyogoku, kita ketemu sama restoran kecil yang menawarkan menu-menu khas Jepang kayak Omurice dan Katsudon. Karena perut sudah lafar mampirlah kami sejenak.

IMG_3097
Kayak di komik-komik ya, ada bapak-bapak break makan siang 
IMG_3100
IMG_3102
IMG_3103
IMG_3106
IMG_3104
Oyakodon untukku
IMG_3111
Katsudon untuknya
Nah di resto ini sedikit terjadi insiden harom. Jadi kan Eki pesen Katsudon nih, seinget saya yang sudah pasti ibab itu kalo tulisannya Tonkatsu. Kalo Katsudon saya pikir artinya cuma nasi tambah Katsu. Jadi bisa aja dong katsunya ayam kek, atau sapi kek. Kemudian datanglah si Katsudon dengan tampilan yang menggiurkan. Pas dicomot tampak dagingnya berwarna putih,  dimana putih bisa berarti ayam atau pun ibab. Tapi setelah diicip oleh suhami, doi berujar dengan yakinnya "Ayam kok nih!". Dan di mam lah si Katsudon sampai tandas.

Namun karena batin resah dan penasaran, sesaat setelah selsai makan dan keluar resto saya googling "KATSUDON", lalu terpampanglah di layar mobile browser... "Katsudon, PORK CUTLET ON RICE"

..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

HAHAHAHAHAHAHA!!! Mampuak lah si Eki! Tapi yaudah lah ya.. mau diapain juga wong udah ketelen.

Selsai makan ibab siang, kami pun kembali menjelajahi Shinkyogoku.

IMG_3114
IMG_3121
Kuburan di dalam temple kecil di Shinkyogoku
Idenya Eki nih pake maen-maen kemari
IMG_3124
IMG_3125
IMG_3127
IMG_3130
IMG_3140

Di suatu temple di Shinkyogoku, kita papasan sama grup lansia yang lagi mau menghadiri semacam acara ibadah dengan biksu setempat. Kalo saya perhatiin sih acara ini mungkin kayak pengajian kalo di islam, dan misa kalo di nasrani lah. Lalu Eki nyaranin "masuk yuk! pengen liat kayak apa acaranya." Maka dengan perasaan sedikit takut diusir, kita ikut masuk, duduk dan dengerin si Biksu ceramah. 

IMG_3142
Cuci tangan sebelum masuk ke temple. Mirip kayak wudhu buat yang muslim.
IMG_3152
IMG_3149
IMG_3155
IMG_3156

Setelah 15 menit duduk, kita mulai melipir. Ya bosen dong yaaa.. wong gak ngerti juga yang diomongin apa.

Nishiki Market

Keluar dari temple (yang kita gak tau namanya apa), tanpa mampir kemana-mana lagi kami langsung menuju Nishiki Market. Dan baru sampai di pintu masuknya, saya langsung J.A.T.U.H.C.I.N.T.A.  Liat sendiri aja gimana serunya pasar ini. 

IMG_3186
IMG_3210 IMG_3232 IMG_3235
IMG_3162
IMG_3225
IMG_3166
IMG_3229
IMG_3203
IMG_3212
IMG_3192
IMG_3175
IMG_3173
IMG_3208
IMG_3180
IMG_3244
IMG_3207
IMG_3247
IMG_3250
IMG_3211

Kalo di liat-liat, di Nishiki ini kita mau cari makanan apa juga ada kayaknya. Dari yang mentah sampe yang mateng, dari yang idup sampe yang mokat, dari yang warna cokelat sampe yang warna-warni. Cuma sayang aja disaat kita lagi ada di surga makanan, perut masih kenyang karena baru makan siang. Tapi karena tak lengkap rasanya ke Nishiki tanpa jajan, kami pun membeli beberapa cemilan lucu.

IMG_3165
Chuka Idako raksasa yang dibeli Eki.
Di kepalanya ada telur puyuhnya segala lho. Gak faham deh tuh masukinnya gimana..
IMG_3242
Sedangkan saya memilih untuk membeli....
IMG_3240
IMG_3243
MITARASHI DANGO! (didukung oleh foto yang blur)
Puas jajan-jajan dan muterin Nishiki, kami langsung bertolak ke Gion District, yang jaraknya juga walking distance dari Nishiki Market. Pokoknya hari ini judulnya: HEMAT ONGKOS TRANSPORT!

IMG_3289
Otw menuju Gion, kami melewati Kamo River
IMG_3284
IMG_3294
Perempuan-perempuan berkimono. Curiganya mereka abis ikutan upacara minum teh deh..
Gion District

Tujuan mampir ke Gion, apalagi kalo bukan buat liat Geisha (though in Gion they refer to themselves as Geiko instead of Geisha). Gion ini adalah semacam komplek kecil yang dipenuhi sama tea house-tea house tempat Geiko bakarjo. Jadi katanya sih kalo mampir ke Gion kemungkinan kita untuk ketemu Geiko besar sekali. Karena mereka hobi pindah-pindah dari satu tea house ke tea house lainnya untuk memenuhi janji temu sama para kliennya.

IMG_3297
The beautiful Gion District (featuring mas nyaahh)
IMG_3300
Nginjek Gion suasanya udah langsung beda banget ya.. Bau Oshin dimana-mana!
IMG_3301
IMG_3314
GEIKOOOOOO!!!!
IMG_3321
Makeupnya dong.. EPIC!
Dan aku suka kain pembungkus kotaknyaaaa...
IMG_3322
Can you see all the details in her konde?
Cantik banget!
IMG_3327
Dari depan, dari belakang, selalu tampak cantik!
IMG_3333
Kalo aku cantik juga gak? *tampol nih yang bilang enggak*
IMG_3337
IMG_3335
IMG_3341
IMG_3345
Another perempuan random ber-kimono..
IMG_3346

Selama di Gion ini kita cuma ketemu Geiko sekali tok! Laahh ribuan lainnya pada kemana sih? Tapi emang sih katanya mereka lebih banyak keluar malem-malem dibanding sore. Akhirnya kita putuskeun balik dulu aja ke hotel buat gogoleran sejenak dan balik lagi ke Gion malem-malem sambil mampir Pontocho.

*Fast forward ke beberapa jam kemudian*

Sekitar jam 7 malam, saya dan Eki kembali memulai aksi jalan-jalan lagi. And our next stop is..... Pontocho.

IMG_3430
Pengamennya elekhan punya ya?
Itu pohon yang di samping si pemain terompet kalo berdasarkan komik Kobochan, merupakan tempat Kuntilanak bertengger lho.
IMG_3434
Udah malem juga masih ajaaa rame sama anak sekolahan. Pada gak dicariin ibu bapaknya apa?
IMG_3435
Shijo-Dori at night
Pontocho

Mirip seperti Gion, Pontocho ini adalah suatu daerah (atau jalanan) yang kanan-kirinya dipenuhi oleh restoran, Geisha Houses dan Traditional Tea Houses. Cuma bedanya kalo Gion jalanannya lebar-lebar, di Pontocho ini jalanannya sempit dan panjang menyerupai lorong. Yah kalo di Jakarta sih mungkin namanya gang senggol kali ya.. Cuma ini gang senggol versi tantik. 

Untuk para turis yang budgetnya berlebih, disarankan banget lho untuk nyoba cicip salah satu tempat makan disini. Tapi kalo kita sih karena uang jajannya nim seminim-minimnya, cukup lewatin Pontocho dari ujung ke ujung juga udah seneng banget rasanya. Alhamdulillah

IMG_3377
IMGP1636
IMG_3376
IMG_3367
IMG_3389
IMGP1637
IMG_3394
IMG_3363
Horeeee ketauan joroknya gak ganti baju dari pagi sampe malem!
IMG_3392

Dari Pontocho tujuan berikutnya cuma satu, balik ke Gion! Karena gak puas rasanya udah jauh-jauh ke Kyoto masa cuma liat Geiko sebiji aja. Kalo perlu gelar tiker di depan Tea House dan nongkrong sampe subuh demi ketemu Geiko juga boleh deehh.. kita jabanin!

Maka benar adanya bahwa doa orang yang teraniaya selalu dijabah. Karena belom sampe Gion aja kita udah dikasih rejeki pemandangan spektakuler.

IMG_3398
IMG_3399
IMG_3401
IMG_3403

Asik gak sih, langsung ketemu 2 Geiko yang lagi mau naik taksi bareng kliennya. Disini saya sama Eki langsung dialog mengira-ngira mereka mau kemana.  Kita berdua curiganya sih mereka mau rame-rame berbuat anonoh.. Ya maafin deh ya, rombongan sini otaknya otak stensilan semua.

Keberuntungan tak berhenti disitu. Sampai di Gion pun kita berhasil papasan sama beberapa Geiko lagi.. Ih syenaaaanngggg :D

IMG_3411
IMG_3414
IMG_3417
IMG_3418
IMGP1639
IMG_3426

Setelah puas liat Geiko, saatnya kembali ke haribaan kasur hotel. Apalagi agenda besok adalah Temple Hopping! Jadi cukup tidur sangatlah diperlukan.

Yuk yaakk.... Sampai sesok yaaa :*


Expenses 
Transportation: ¥ 1150/person
Meals: around ¥ 5000/2 person

11 comments :

  1. Ih asikkkk... fotonya banyaaakkksss.... untung komputer kantor gue yang memorinya pas-pasan ini gak berasep di tengah2 hihihihihi...

    Coba tanya Eki lagi... enak mana babi sama ayam hihihihih... *jaat ye gue*

    Kayanya yang mesti gue contoh dari trip elu ini adalah: NGINEP NGINEPNYA... soalnya gue seneng elu bisa dapet tempat2 nginep yang asik dan terjangkau gitu... pokoknya anything under 1.5 jeti di Jepun itu artinya terjangkau banget yah. Lagian masuk hotel bintang 5 juga sama aja, ranjang lu bakalan mentok tembok hihihih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahahaha kalo waktu itu sih pas abis makan komentar dia "Ih rugi amat ini kalo dosa, abis masak babi rasanya begini doang sih?" Tapi gak tau deh kalo diem-diem doyan..

      Iyaya hotel di Jepang kayaknya mau yang mahal ataupun mursid ukurannya mini-mini semua. Tapi kita emang gak neko-neko sih urusan hotel. Yang penting deket stasiun dan bersih udah cukup banget..

      Delete
  2. Mbak fry.....slm knl.silent reader nih dr jmn blognya gmbr burung ;p hehehehe.blog ini slalu jd acuanku nyiapin wedding.slalu sukaaa ehhh sukiiii kl bhsnya mbk fry mah ;).ijin nyontek konsep invitation ya mbak hehehehehe.ayoooo ditunggu postingan postingannya lagi.smp pny bebi nanti ttp nulis yah mbk fryyyy....goooo mrs morisky.btw pas di jepun ga cb ngudek2 percetakan yg nerbitin topeng kaca mbk fry?intip dikit gt sapa yg menang hHahaha maya apa ayumi....gregetan tu komik ga kelar2.mlh ktny pengarangnya udh alm. Duuuhh OOT bgt ga sihh heheheh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halloooo Omiiitttt!!! Salam kenal ya :D *salaman*

      Hahaha pengennya sih emang dirajinin terus nih ngeblognya, sampe beranak pinak segala. doain deh ya biar gak males-males lagi...

      Suzue Miuchi belom meninggal lho ternyata, siapa sih tu ya dulu yang bikin gosip begitu? Kan komik-komiknya udah terbit lagi sekarang, tapi ya masih belom tamat-tamat juga.. Sampe kiamat jangan-jangan gak kelar-kelar ini bidadari merah -_-'

      Delete
  3. Wihhh jago benerrr motret2nya... *terpana ama foto2nya*
    Aih Jepun itu memang cantik yaaa kota + budayanya.

    Coba di sini kita bisa liat ibu-ibu nyantai kebayaan di mall, keren kali!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh aduuuhh.. coba diulang sekali lagi pujiannya? :D

      Iya Jepang memang cantiiikkk banget. Mau cari yang modern sampe tradisionil ada semua. Hebring banget emang!
      Ihihi sama lho kita pikirannya, aku juga dulu suka mikir gitu.. seharusnya tradisi berkebaya atau berbaju daerah itu gak hilang ya dari keseharian... Dijamin tourism Indon bisa lebih maju daripada yang sekarang...

      Btw makasih sudah mampir-mampir yaa ;)

      Delete
  4. Hallo Mba,

    Silent reader nih selama ini... aaaaaa... kepiningin ke Jepaaaang... itu hotel yang di Kyoto reviewnya bagus apa jelek mbaaa???

    Btw... semoga cepet dikasih baby yaaaahhhhh,.....amiinnnnn....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dindaaaa.. salam kenal yaaaa :D

      Hotel Kyoto reviewnya baguuusss... Alhamdulillah kemaren buat hotel kita gak ada yang salah pilih sih.. lokasi dapet yang gampang dijangkau semua dengan harga hemat (poin paling penting)

      Dan amin buat doamu yaaaaaa ahihihihi.. *tiupin ke perut*

      Delete
  5. omagah omagah omagah tertakjub 2012 liat foto2 geiko di sini... gila mereka gorjes2 amat yaaa!!

    beruntungnya kamu Fry bisa liat mereka langsung... besok2 ke jepang mau juga ke Kyoto ah biar liat :)

    ReplyDelete
  6. Iyaaahhh.. beruntung banget memang kemaren bisa ketemu.

    Harus bangeettt kalo ada kesempatan mampir Kyoto! Aku bahkan lebih suka Kyoto lho daripada Tokyo entah kenapa... mungkin karena bagaikan melihat langsung yang selama ini cuma dibaca di komik-komik :D

    ReplyDelete
  7. waaah.. postingan tahun 2012 aku baru bacanya 2 tahun kemudian *ceritanya nyasar*

    kebetulan lagi mau kesana juga, jadi postingan all about japan nya berguna banget.
    btw, itu foto2 geiko/geisha gitu mereka ga marah ya? aku pernah baca artikel gitu katanya mereka agak risih klo difoto-foto tanpa izin.
    tp sayang juga kan udah ketemu ga foto ;p

    salam kenal :D

    ReplyDelete