The Hairy Clan: Nippon You Had Me at Hello: Day 1

Wednesday, July 11, 2012

Nippon You Had Me at Hello: Day 1

OSAKA, 12 Mei 2012
Today's itinerary: Shinsaibashi, Osaka Castle, Osaka Aquarium Kaiyukan.

Setelah 8,5 jam penerbangan dan 2 jam beauty sleep *Olaaa mata panda!* Jam 7 pagi waktu Yapon sampailah kami di Kansai International Airport. YATAAAA!!!!

Hal pertama yang dilakukan selepas turun pesawat adalah: Cobain toilet bandara! Selain memang ada kebutuhan buang hajat, saya juga udah kepalang penasaran pengen liat kloset khas Yapon yang banyak tombol-tombol ajaibnya. Tuntas urusan kamar mandi, lanjutlah kami urus-urus imigrasi dan ambil koper.

IMG_2268 IMG_2266
IMG_2269
Ohayou gozaimasu from Kansai Int'l Airport!
Setelah koper di tangan, langkah selanjutnya adalah harus beli tiket Icoca dan Universal Studio Osaka. Tapi tentu saja langkah terhenti sejenak waktu liat ada vending machine (Kapan jalan-jalannya ya ini, wong tiap 200 meter berenti.)

IMG_2272

Kelar buang uang-uang kecil (dan melepas dahaga dengan Royal Milk Tea), pergilah kami berburu Icoca. What's Icoca you ask? Icoca ini adalah semacam tiket kereta yang bisa di-isi ulang. Berhubung selama di sana, yalan-yalan sudah dapat dipastikan bakal naik turun kereta ya. Jadi Icoca ini cukup mempermudah perjalanan. 

Kita tinggal isi si Icoca dengan kredit yang diinginkan, nanti kalo limit kreditnya sudah tipis tinggal ditambah lagi pake mesin-mesin penjual tiket yang tersebar di semua stasiun kereta. Jadi kalo udah punya Icoca gak perlu lagi deh bela-beli tiket setiap mau naik kereta. 

Selain itu, Icoca ini bisa dipake di seluruh area Kansai (Osaka, Kyoto, dsb) dan hampir semua railway company di Kansai seperti JR West, Hankyu, Keihan, Karasuma, dan Tozai. Kekurangan si Icoca ini cuma satu, yaitu, gak bisa buat naik bis!
Selsai bela-beli Icoca dan tiket Universal Studio, kami naik sepur menuju Shinsaibashi untuk taro-taro koper di hotel.

IMG_2302
Pemandangan dari kereta
IMG_2317
Jemuran di Osaka yang ternyata tiada beda sama jemuran di Cidodol
IMG_2311
IMG_2319
IMG_2321
IMG_2324

Karena jam 11 siang kita sudah sampai Hotel, kami belum bisa check in. Memang rata-rata regulasi hotel di Jepang itu waktu check in adalah jam 3 sore. Jadi titip-titip koper ajalah dulu. 

Pilihan hotel kami di Osaka, jatuh kepada Villa Fontaine Shinsaibashi. Kenapa pilih diana? Alasan paling utama adalah, karena letaknya yang di pusat perbelanjaan pusat keramaian. Alasan kedua karena aksesnya yang pil kecipil! Keluar stasiun Shinsaibashi, tinggal moonwalk dikit udah sampe lobby hotel. Dan dengan harga yang cukup ekonomis untuk ukuran hotel Jepang, dapet breakfast juga, ya hamdalah namanya.. 

Kalo nyontek itinerary, dari hotel harusnya sih kita langsung berangkat ke Osaka Castle ya.. tapiiii berhubung saya kelupaan bawain Suami sneakers, dan dia waktu ke bandara langsung berangkat dari kantor, jadilah alas kaki satu-satunya yang dia bawa cuma sepatu kantor. Mau dipaksain pake sepatu kantor buat jalan-jalan 2 minggu? dapet salam dari kapalan! Maka beruntunglah eki, karena kepikunan saya, dese bisa beli sepokat baru. 

Untungnya Shinsaibashi itu ibaratnya kayak Orchardnya Singapur. Jadi mau cari apa juga gampang.. setelah sepatu didapat, baru deh kami cuss menuju Osaka Castle.

IMG_2343
Sepatuku si biang lecet, dan sepatu barunya mas suami.
IMG_2345
NHK Osaka Studio yang letaknya sebrang-sebrangan sama Osaka Castle
IMG_2353
Usual sight around the street of Osaka... Mamak mamak bonceng anak!
IMG_2354
Gemeettss aku gemeettsss!!!
Masuk ke Osaka Castle Park, kita disambut sama pemandangan para obaachan dan ojiichan dari suatu rumah jompo yang kayaknya lagi agenda jalan-jalan keliling kota. Iiiih seru kaliiii!

IMG_2373
IMG_2385
IMG_2371
Sampe ada personil khusus pendorong pampers lho.
Jasamu sungguh mulia mas!
Ngomong-ngomong menuju gerbang Osaka Castle nya ini kita jalan lumayan jauh. Curiganya sih kita salah pilih pintu exit. Jadi bukannya keluar-keluar langsung ketemu gerbang, kita malah ketemu taman yang di atas itu.. dan luas tamannya juga gak tanggung-tanggung. Kurang bersahabat lah pokoknya buat kaki saya yang lagi lecet-lecet. Untung setelah 18 jam jalan *LEBEEEYY* ketemu juga dengan gerbang keampunan!


IMG_2390
IMG_2392
Yuk pose dulu di depan gerbang keampunan.
Apakah terus dibalik gerbang ini, seonggok istana sudah dapat terlihat? EMBUH! Ternyata kita masih kudu jalan jauh lagi buat liat istananya... Hebring ya! Orang-orang Jepang jaman dulu tingginya pada 8 meter apa gimana? kok jalannya dibikin jauh-jauh semua gini. Untung disepanjang perjalanan menuju istana selalu ada hal-hal menarik buat diliat.

IMG_2397
IMG_2402
IMG_2404
IMG_2407
Ada manteeennn... AAAAAAA!!!
Persis di depan pintu masuk Osaka Castle (Ya ampun hamdalah ya akhirnya ketemu juga), ada beberapa kios penjual makanan. Berhubung saya dan eki dari pagi belum makan ya, jadi kita putusin jajan-jajan dulu deh yuk sebelum masuk si castle.

IMG_2414
IMG_2418
IMG_2426
Dimanapun... kapanpun..
Selsai mam snek-snek lucu, mulailah kami masuk ke area Osaka castle.

IMG_2438
Akhirnya yaaa...
Jadi ada apakah di dalam Ozakajo? Emas intan berlian? Tintaaaa!!! Isinya ya laksana museum. Museum 4 tingkat lebih tepatnya. Malah sebenernya untuk sebuah istana, luas bangunan si Osaka Castle ini terbilang cilik lho. Makanya kalo lagi penuh lumayan anget juga di dalem.

Isi museumnya kurang lebih menceritakan tentang sejarah berdirinya Osaka Castle dan kekuasaan Hideyoshi Toyotomi (untuk tau cerita lengkapnya mungkin bisa di gugel aja ya, masnyaa.. mbanyaa..). Buat yang pernah baca buku Taiko, mungkin familiar sama sejarahnya. Buat yang gak pernah baca bukunya kayak saya, ya mari minta ceritain sama yang udah pernah baca aja ya *lirik misua*. Maka dengan mengandalkan pengetahuan Eki, saya memang sengaja gak nyewa audio guide. Pokoknya duit diirit-irit biar bisa bertahan hidup 12 hari ke depan.

Tapi seperti saran Leija juga, bae'nya sih setiap waktu kunjung museum sewa-sewa audio guide deh. Atau lebih bagus lagi kalo bisa cari tour museum yang menggunakan tour guide. Karena kalo buat saya, dengerin penjelasan orang jauh lebih menyenangkan dan nempel di kepala daripada cuma dengerin narasi dari audio guide.


IMG_2448
Osaka Castle Observation Deck
Udah eneg blom sih liat muka kita melulu?
Selesai liat museum, kita people watching dulu di halamannya Ozakajo dan observasi toko suvenir.

IMG_2434
Salah satu volunteer dari Osaka Kacchutai, yang tugasnya mungut-mungutin sampah di sekitar halaman Ozakajo
IMG_2431
IMG_2468 IMG_2518
IMG_2471
IMG_2461
IMG_2490
Ichiban-yagura
IMG_2493
Memperindah Ichiban-yagura
Dari Osaka Castle, ahenda selanjutnya adalah menuju Osaka Aquarium Kaiyukan. Lah kok pake ke aquarium segala.. emang gak ada yang lain yang bisa diliat? Karena contekan saya dari buku Lonely Planet. Maka apapun yang mereka rekomendasikan, kami ho-oh ho-oh aja. Tapi memang sih setelah di gugling, yang bilang Kaiyukan ini "must see" banyak banget. Bahkan dese disebut-sebut sebagai salah satu aquarium paling bagus di dunia.

Karena saya anaknya gampang leleh kalo udah kena embel-embel "paling bagus sedunia", maka dengan langkah gagah berani, saya dan eki berangkat melihat ikan-ikanan.

IMG_2522

Keluar dari stasiun, waktu mau jalan ke arah aquarium, kita ngelewatin toko ini. Toko yang sebenernya gak jelas juga nih jual apaan. Penjual kebahagiaan jangan-jangan? Tapi di antara ribuan signage yang dia pejeng, ada yang pake bahasa indon lho!

IMG_2532
Kaiyukan on the back. Bebungaan di depan.
IMG_2533
Mabora mba?
And below are some of the things we saw at Kaiyukan...

IMG_2537
Cicak air raksasa?
IMG_2540
Sea Otter, yang ternyata hobinya nyemilin es batu.
IMG_2561
IMG_2562
Pe pe pe penguin
IMG_2572
Si lumba lumba!
IMG_2580
Ikan pari dan BFF-nya
IMG_2589
Ikan aneh favoritku! (Agak kayak talenan gak sih?)
IMG_2592
IMG_2599
aneka Ubur-Ubur
Bagus gak aquariumnya? Baguuussssss!!! Yang pasti saya sama Eki sih suka. Pokoknya kalo ente-ente sekalian suka Seaworld, boleh deh coba mampir-mampir ke Kaiyukan kalo lagi main ke Osaka.

Karena keluar dari Kaiyukan udah malem dan udara makin dingin. Kami memutuskan untuk masuk mol di samping Kaiyukan dulu buat mam-mam cantik sambil kabur dari angin bahorok di luar.

IMG_2616
Pengen colong Kids Menu-nya deh!
IMG_2613
IMG_2619
IMG_2617
Tandas tak bersisa!
Perut kenyang, kami langsung diskusi antara mau langsung pulang ke hotel aja apa lanjut liat Dotonburi. Tapi karena kita berdua letih lesu tak bergairah akibat kurang tidur, ditambah kondisi lecetnya kaki saya udah akut banget tapi suami selalu menolak kalo saya minta gendong (suka ragu deh sebenernya cinta gak sih?). Diputuskan lah untuk langsung pulang istirohat aja ke hotel. Apalagi itin besok adalah Universal Studio. Jadi ngecas enerkhi sampe mentok teramat sangat dibutuhkan.

Maka dengan langkah gontai dan kedinginan, pulanglah kami menuju kamar mini tercinta.

See you at the next post :D


Expenses 
Transportation: ¥ 2000/person
Osaka Castle admission fee:  ¥ 600/adult
Kaiyukan admission fee: ¥ 2000/adult
Meals: around ¥ 3000 

9 comments :

  1. aaaakkk.. loe cidodol sebelah mana, fry? Kok tau jemuran gue *out of topic

    lanjut gan. suki deh ada expenses. buat mecah celengan ayam jago, perkiraan nanti buat ke yapon (10 tahun lg)

    ReplyDelete
  2. Ahahahaha loe di Cidodol? Ada rumah nenek gue disitu! Rumah gue juga deket Cidodol! Astagaaaa tetanggaan kiteee....
    Syiipp pasti dilanjut kok!

    ReplyDelete
  3. Luncaang, pokoknya segala yang Yapon-Yapon luncaaang! *sangat subjektif* Kakaknya jalan-jalannya kece deh! Btw, Crocs lecet Fry? Je en eM tinta kan?

    ReplyDelete
  4. Say.... JADI GUE KUDU NUNGGU SELAMA 12 POSTING UNTUK SUPAYA CERITA PERJALANAN INI LENGKAP??? gapapa de, gue rela hahahahah.... tapi buruan dikebut!!

    Itu asli sumpe, mata lu udah kayak zombie mau nerkam burger gahahah....

    ReplyDelete
  5. @Laila: Luncang banget yaaaa.... pokoknya mau balik lagi, mau balik lagi, mau balik lagiii!!!
    Crocs lecet bangeett... baru dipake jalan bentar udah lecet. Jadi selama sisa perjalanan gue meng-abuse si JnM!

    @Leony: Hahahaha abis kalo dicampur-campur selain nanti ceritanya kepanjangan, fotonya juga kebanyakan.. Jadi dibikin day by day aja deh biar jelas.. gakpapa ya baca 12 postingan isinya Jepaaanggg melulu :D

    ReplyDelete
  6. kansai bukannya di ameriki ya?
    #eh itu kansas ding
    krik krik krik

    blogwalking,
    salam kenal ya

    ReplyDelete
  7. @wulan: Krik krik krik.. lain kali jangan diulangi yaaa :p
    Thank you for stopping by btw, dan salam kenal jugaaa ;)

    ReplyDelete
  8. Gw nunggu posting tokyo msh berapa episode fry? Hahaha. Aku akan setia menunggu :p

    Itu bnr an Tukang mungutin sampah?keren amat ya. Dan gw ngakak liat yg dorong2 pampers. Kok lo bs nemu aja sih ? Hahaha

    ReplyDelete
  9. Hahaha posting Tokyo masih 5 episode lagi kakaaakkk.. tungguin yaaa :p

    Beneraaannn.. mereka volunteer yang misinya bersihin Osaka Castle. Keren ya! Pedang samurainya itu pencapit sampahnya pulak.. Tziamiks!
    Hahaha iya pas kebetulan ketemu sama rombongan panti jompo yang lagi karya wisata... terharu banget liatnya :'}

    ReplyDelete