The Hairy Clan: Akad Nikah: Prosesi Ijab Qabul

Wednesday, December 14, 2011

Akad Nikah: Prosesi Ijab Qabul

08.01.11
Pukul: 10.00 WIB
Lokasi: Masjid Sunda Kelapa

Jam 10 pagi, Saya sampai di Masjid Sunda Kelapa.. ini molor 30 menit karena harusnya jam setengah 10 saya sudah sampai disini, dan jam 10 akad dimulai.. Tapi itu kan menurut jadwal ya. Pada akhirnya kenyataan memang tak pernah semanis rencana..

IMG_0378

IMG_0398

IMG_0423 copy

Tapi alhamdulillah wa syukurillah, bukan ketelatan saya yang bikin molor prosesi, melainkan ngaretnya grup Maulud lah yang bikin jadwal jadi mundur..... dan mundur...... dan mundur.....

Mungkin sebelumnya saya perlu ceritain dulu ya, urutan acaranya seperti apa.

Jadiii.. kalau menurut adat dan kebiasaan keluarga kami, sebelum akad dimulai, diawali dulu dengan acara pembacaan Maulid Nabi.  Jadi acara pembacaan maulud ini kayak acara pengajiannya deh kurang lebih. Kan biasanya kalo orang-orang acara pengajian dibuat sehari atau beberapa hari sebelum akad. Kalo di keluarga kami dan mungkin di beberapa keluarga keturunan arab lainnya, "Pengajian" atau acara pembacaan maulud ini dilakukan di hari akad.. tepat sebelum prosesi akad dilaksanakan.

Baydevei untuk acara akad. Pihak perempuan dan laki-laki dipisah sepanjang prosesi. Yang laki-laki ada di dalem masjid. Yang perempuan ada di area resepsi.. Baru nanti setelah penganten laki-laki turun nemuin estrinya, kalo ada pihak keluarga laki yang mau join di area resepsi ya sok.. silahkeun.. gak akan dibedil kok.

IMG_0500 copy

IMG_0475

IMG_0507

IMG_0499

IMG_0502

Kapan CPP masuk ke area akad pun ada momennya.. Yaitu disaat semua orang berdiri dan mulai baca "Yaa nabi salam 'alaika.. Yaa Rosul salam 'alaika" Nah masuklah si ganteng dan keluarganya ke dalem masjid.

IMG_0370

IMG_0439

IMG_0444

IMG_0461
Kenapa mukanya kayak mau bunuh orang tayoung?
IMG_0493

Selsai pembacaan Maulud.. Acara pun dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an, Sari Tilawah, diikuti Khotbah Nikah. Standar lah ya yang ini...

IMG_0613

IMG_0547

IMG_0616

IMG_0561

IMG_0622

IMG_0555

IMG_0576

IMG_0579

IMG_0581

Di saat khotbah nikah sedang berlangsung.. mempelai pria pun mulai mendekati kursi panas..

IMG_0629

IMG_0631

IMG_0638

IMG_0657

Kalau sodara sodari perhatikan, CPP itu mukanya tegang sepanjang hari lho.. Kenceengg terus. Seumur-umur belom pernah liat dese tegang begini. Sebaliknya saya pas hari ini malah santai berat.. Haha hihi haha hihi sama semua orang.. Gak deg degan barang sedikit.

IMG_0590

IMG_0591

IMG_0603

Ini saya lagi ngomong ke mamah "Liat deh si Eki tegang berat mukanya.. kasian amat! Ahihihi" Sedangkan mama mertua di samping lagi sesenggukan karena terharu liat anaknya nikah. *calon mantu dan istri durhaka*

Setelah khotbah nikah selsai disampaikan.. Puncak acara pun tiba. Semua merapat ke meja untuk menyaksikan acara yang paling ditunggu-tunggu, yaitu, prosesi ijab qabul.

IMG_0669

IMG_0703

IMG_0718

IMG_0709

Proses ijabnya sendiri harus diulang sekali karena pas percobaan pertama yang seharusnya "Saya terima nikah dan kawinnya...." yang kesebut sama Eki cuma "Saya terima nikahnya......." walaupun banyak yang bilang versi kedua pun sebenernya sah-sah aja ya..

Selain itu, di percobaan pertama suara papahku cilik sekali.. antara memang demam panggung atau sengaja mau ngetes apakah calon mantu punya pendengaran infrasonik? Sedangkan di percobaan yang kedua, suara papita tegas dan mantap, jawaban eki pun lancar dan lengkap. Sehingga artinyaaa.....

KAMI SAH JADI PASUTRI!!!

ALHAMDULILLAH HIROBILALAMIN!!!

HOREEEEE!!!!

IMG_0681

IMG_0740
Suamiku jamnya mana tahaannn
Selesai prosesi ijab, sebelum batalin wudhu sama istri. Acara pun ditutup dulu dengan nasihat pernikahan... Nasihat pernikahannya sendiri dibacakan oleh Ustad Usman Shihab. Kalo boleh request sih saya pengennya Pak Quraish ya.. tapi apa daya, gak ada anggota keluarga yang ikrib-ikrib banget. Dan kata bapak saya, "sungkan ah mintanya.. Pak Quraish kan udah senior banget.." Tapi ternyata Pak Usman pun gak kalah lho.. isi nasihatnya baguuuuusssss... saya sampe merinding dengernya :)

IMG_0755

Ketika nasihat pernikahan sudah selsai disampaikan, waktu untuk menghampiri istri pun datang juga.

Tapi tampaknya perjalanan ke bawah agak tersendat, karena banyaknya tamu yang mau memberi selamat ke mempelai pria...

IMG_0797
Sinih cipika cipiki dulu dong sama akuuu..
IMG_0805
MABRUK! MABRUK!
IMG_0809
Dapet ucapan selamat dari BFF
Setelah sesi Meet and Greet selesai.. barulah bisa turun ke bawah buat cipok istri. *negak menta... permen cinta*

IMG_0811

IMG_0821

Pas sampe di area perempuan suasana cukup meriah dan ramai karena selain didampingi sama tim marawis, mempelai pria juga disambut dengan teriakan-teriakan "ULULULULULULULULU" oleh ibu-ibu sebagai ucapan "selamat datang" *buat yang mau tau teriakan ulululu ini kayak apa bunyinya.. silahkan di search "ululation" di Yutup"

IMG_0823

IMG_0430

IMG_0795

Naahh lucunya pas lagi nunggu Eki nyamper ini saya malah tegang luar biasa... Mungkin sih karena udah seminggu gak ketemu. Terus pas ketemu tau-tau kok ya udah jadi pasutri gini.. Ternyata walaupun udah kenal 5 taun, momen-momen ketemu pertama kali sebagai suami istri tetap bikin dag dig dug der daia ya!

IMG_0856

BATAL WUDHUNYA! *prok prok prok prok* Lupa deh ini kenapa kita berdua ketawa-tiwi.. Dugaan paling kuat sih mungkin karena banyaknya komentar sana sini ya. Apalagi keluarga yang dari luar kota, mulutnya suka 17 tahun ke atas. Ditambah mungkin ada perasaan lega karena penyiksaan berkedok wedding prep yang berlangsung selama setaun ini KELAR!

IMG_0872
Yah kok cuma dapet jidat? sia-sia dong mulut pedes akibat ngemut permen min sepanjang hari?
IMG_0873

Selsai salim dan cipok, acara dilanjut dengan prosesi pemasangan cincin. Alhamdulillah wa syukurilah proses ini lancar jaya... gak ada kejadian cincin kekecilan atau jari memuai. Cincin berhasil masuk dengan licin tanpa hambatan.

IMG_0853
SRUUUTTTT... masup!
IMG_0858
SRUUUTTT... masup!
IMG_1146
Sayang dari angle ini, berlian sebesar jantung semut nya jadi gak keliatan
Semoga proses berbuat nanti malam juga bisa selancar ini ya tayoung... *kenyataan ternyata berkata lain*

Mari lanjut lagi dengan tanda tangan buku nikah... paspor menuju rumah tangga...

IMG_0890

IMG_0889

Dengan menyesal saya beritahukan bahwa kami gak punya foto "buku nikah pose." Sedih kan? Gara-gara pihak KUA salah nulis nama bapak saya di buku nikah, jadi bukunya diambil lagi sama pak penghulu buat dibenerin. Herannya kok pas hari itu gak kepikiran buat pinjem dulu sebentar asal buat dijepret 2-3 pose ya.. Keki!

Acara kemudian dilanjutkan dengan salim sama para mamah...

IMG_1005

IMG_1006 IMG_1007

IMG_1036

IMG_1039 IMG_1037

Cuma ya sedihnya acara pisah tamu laki-laki perempuan itu saya jadi gak punya foto pas cium tangan sama bapak sendiri T_T

IMG_0897

Selesai mengerjakan semua prosesi, maka acara pun dilanjut dengan bersalam-salaman dengan semua tamu yang datang...

IMG_0987
Tamu: Eh kok bisa kesye banget gini rahasianya apa?
Mempelai wanita: Ih apa sih.. cuma wudhu aja kok!
IMG_0952
Agak rancu ya ini antara ngasih selamet apa mau pisah 8 abad?
Kok adegan lebey gini!
IMG_0954
BFFnya Eki yang kayaknya antara rela, gak rela ngelepas sahabatnya nikah
Selsai salam-salaman acara pun dilanjutkan dengan FOTO BASAMOOO!! *siapkan jutaan pose*

IMG_1136
Keluarga barunya Rikiboraki.
IMG_1122
Keluarga baruku di rumah cirendeu :)
IMG_1118
Keluarga baruku di rumah percetakan :)

IMG_1105

IMG_0999
Bersama the mak comblang
IMG_1134
Rikiboraki punya geng!
IMG_1069
Sebagian dari gadis-gadis super meledak! ++ Evan dan Aldi
Alhamdulillah seneng banget karena selain keluarga, temen-temen yang mau nyempetin dateng pas akad ini pun cukup banyak. Jadi terharu deh pada mau jauh-jauh dateng ke Menteng. Aku padamu geeennnggg!

IMG_1073

Terus adakah hal-hal yang missed atau gak sesuai rencana selama acara akad? TENTU SAZA!

Jadi kan memang pas acara akad ini saya dan mamah memutuskan untuk gak pake WO. WO cuma kita pakai jasanya untuk resepsi aja. Karena toh kita mikirnya tata cara akad di keluarga kita itu sama sekali gak ribet. Selsai ijab, cipok sana cipok sini, salim-salim sama tamu, cekakak cekikik sedikit, dan SELESAI! Jadi gak repot lah kayaknya.. Mengerahkan beberapa tante dan oom yang sering bantu ngurus-ngurus kawinan rasanya cukup.

Eh tapi ternyata, masih ada satu hal yang kelupaan..  

Prepare yourself for... May-whack moment part two:

Lupa dan gak nyiapin lagu/ band untuk sepanjang acara resepsi akad nikah!!!

Fatal kan? Kenapa bisa kebahlulan ini terjadi! Gak tau kenapa ya, kok saya tuh sama sekali gak kepikiran harus nyiapin band atau minimal cd deh *atau organ tunggal deh juga gakpapa* buat acara resepsi akad nikah. Mungkin dulu dipikiran saya acara ini bakal berlalu cepat sekali sampe gak ngerasa butuh untuk diiringi alunan musik kali ya.

Nah terus... hening dong acaranya? Eiittss do not under estimate para pengurus masjid sunda kelapa. Karena kita gak ngasih cd, mereka berinisiatif masangin cd-cd koleksinya. In a perfect world, koleksi cd mas-mas sama mba-mba tentunya akan berisikan sontrek disney atau lagunya Michael Buble. Realitanya? lagu-lagu yang diputer adalah alunan merdu yang biasa terdengar dari acara Inbox. *kalo lagunya dari kaset MegaHitz 8 ajah, aku masih seneng lho mas.. mba..*

Ini saya sama eki juga sadarnya pas lagi salam-salaman sama tamu ketika tiba-tiba di seisi aula Sunda Kelapa kok mengalun lagu yang tidak asing di telinga *nah kan ketauan hobi nonton*. Langsung lah kita liat-liatan, dan saya ngomong "Lho lho lho... kenapa ada yang muter lagu-lagu beginiiihhh?" Untung kita gak terbawa suasana untuk joget geser kanan kiri lambei lambei ya.

IMG_1047
Mempelai pria: Aku paling gak tahan dikasih lagu kayak gini..
kelingking kaki aja udah main nih.
Mempelai wanita: Eh tahaaannnn!
Ya udah gakpapa lah.. yang penting kan... NIKAHNYAAAA *ucapkan seribu kali sampai hati beku*

Masih bersambung....

4 comments :

  1. Akhirnya blog ini mendekati akhir juga ya, kirain sampe anak buyut bakal mati penasaran kok kisahnya ngga ada akadnya.

    Eh gue ngga denger lagu inbox-dahsyat itu kok, apa karena keasikan sama nasi kebuli yang super endeus sampe nambah 3x itu?
    Mana foto nasi kebulinya? Bintang akad nikah ituuu!

    Cepet ye sambung resepsi, lama-lama kisahnya kayak Maya Kitajima juga deh nih..

    ReplyDelete
  2. Eh iya, nasi kebulinya enyak paraaaah! Coba dibawa pas sesi yoga *gak kurus-kurus. Enivei fry, di akad ini muka lo santun banget deh, palsu itu palsuuu ;P

    ReplyDelete
  3. Akhirnya yaaa... *potong tumpeng*

    Alhamdulillah atas kehadiran nasi kebuli yang berhasil menjadi pengalih perhatian.. Kalo pada denger ada lagu begitu kan takutnya langsung pada melantai...

    Cerita resepsi? Nantikan di ulang taun pernikahan yang kedua...

    ReplyDelete
  4. @dhiska: KURIANG AJYAARR!!! Jelas-jelas di dalam geng, gue yang paling santun dan pemalu... Mana pernah sih ada tindak anonoh keluar dari diriku?

    Ih coba pada dateng ya pas Bilal qiqah kemarin... Hadir lagi itu si nasi kebuli.. Masih sisa banyak banget lagi sampe pada bawa pulang!

    ReplyDelete