The Hairy Clan: And We're Engaged!!

Friday, December 10, 2010

And We're Engaged!!

Lah kok kewong udah tinggal sebulan baru engaged?? Naahh jadi gini ceritanya... Walaupun bulan Januari kemaren kelurga inti Rikiboraki udah bertandang buat meminang resmi... tapi kan belom ada pertemuan keluarga besar. Jadi 2 minggu yg lalu, tepatnya tgl 27 November *basi 2 minggu ceritanya* dibuat lah acara lamaran versi besar-besar2an *lengkap dengan kembang api dan dangdut pantura* yang tujuannya untuk memperkenalkan keluarga besar dari 2 pihak.

Nah yang perlu diketahui oleh pembaca-pembaca budiman sekalian adalah bahwa tata cara *atau in englais, custom* lamaran keluarga sayah mungkin agak beda dikit sama tata cara lamaran keluarga sampean. Emang yang beda apa sih jek? Banyaakk!!

TAMU UNDANGAN
Kalo biasanya tamu-tamu undangan di acara lamaran kan standard ya.. Ada laki-laki, ada perempuan. *yang binan juga boleh ikut kok* Nah kalo di keluarga saya beda sikit... acara lamaran itu adalah acaranya orang-orang perempuan! Jadi tamunya ya betina-betina semua. Oom2 dan papah2 dilarang hadir.. boleh dateng tapi nunggu di teras. *teganyaa* Jadi yang dateng cuma mamah, oma2, sama tante2 tok!

Plusnya:
Karena tamunya wece2 ajuah, suasana acara jadi berasa santai bak arisan dan karaoke sama geng sendokir. *alaahh yang beneeuurrr???*

Minusnya:
Bukan rahasia Ilahi lagi kalo perempuan itu lebih judes, cerewet, kritis, dan detil dibanding laki-laki. Jadi kalo ada yg salah dan kurang dikit dari acara indyang *kayak baju calon penganten kurang bagus, atau mek ap penganten krg cantik* siap-siap aja bakal diomongin sampe ke Gondrong Petir! *halo fajri*

WAKTU ACARA
Waktu acara lamaran yang paling populer kan kalo gak pagi2 dan lanjut dengan acara makan siang, atau ya malem2 abis maghrib dan diikuti dengan acara makan malem. Kalo kebiasaan di keluarga ana laen lagi.. acara lamaran itu biasanya malah sore2 menjelang ashar.. jadi kurang lebih jam 3-an lah.. Nah karena jamnya nanggung, makanan yg disediain jg sekitar snack2 lucu beserta teh kupi.

Plusnya:
Apalagi kalo bukan irit?? bikin acara sore-sore yg artinya cuma kasih snack luncang sama minum teh doang membuat hati yg bikin hajatan agak senang krn dui' yg dikeluarkan gak sebanyak kalo bikin hajatan komplit pake acara makan-makan. Hamdulillah hati senang, rekening bank aman! *curiganya tradisi kayak gini sengaja dibuat sm arab-arab bahil hemat supaya gak buang2 uang. Toh pemborosan kan dosa ya?*

Minusnya:
Ternyata nyiapin kue2an malah lebih ribet dibanding bikin acara makan2. Kalo bikin acara makan2 tinggal pesen catering, kita yang bikin hajatan bisa bobok2an depan tv sampe keluarga besan dateng. Kalo nyiapin kue2an dari 40 hari sebelumnya malah harus riset pake survey quantitative buat nyari kue lapis legit, talam, lemper, dan sobat2nya yang paling lejat se-Jakarta Raya. Pas hari H juga, jadi rempong krn harus nempatin 384 macem kue di piring, daaann bikin cucian piring menggunung setelah acara kelar. Emang sih bukan saya yg nyuci juga ya si piring2 itu, tapi dikasih pandangan pedes red hot chili pepper sama bedinde, asem juga rasanya!

PENGATURAN RUANGAN
Say hello to kaki kesemutan!!! Acara lamaran di keluarga kami haram jadah pake kursi yang ditoto rapi sejajar kanan kiri adep2an antar besan... Mboh! gak ada itu adat begitu... duduk di karpet sampe jempol kaki gak ada rasanya is the way to go! Ini baru acara lamaran... *kalo kata mamah saya! Saya mah lebih demen duduk cantik di kursi tiffany*

Plusnya:
Sama kayak poin sebelumnya.. IRIT MANING!!!! Hamdulillah... adat2 begini ada untungnya juga! Gak perlu lah jadinya sewa2 kursi segala.. tinggal keluarin semua koleksi karpet, mulai dari karpet Turki, Iran sampe Kerfur, kelar urusan!

Minusnya:
Buat saya yang apa2 maunya keliatan cantik difoto, penataan orang duduk di bawah udah pasti gak se-apik penataan duduk di kursi yang dijajar rapi kayak anak sd upacara bendera.

INTI ACARA
Biasanya di acara pesta lamaran kan ada acara sok2 meminang si perempuan lagi ya.. Nah di acara saya gak ada bagian2 kayak gini sama sekali.. Jadi acara ini total cuma untuk memperkenalkan keluarga besar aja.. Kenal2an lah intinya biar akrab dan bisa ngemol bareng! Oh ya selain untuk acara perkenalan, di acara ini juga ada pemberian seserahan *naahh.. ini dia yg ditunggu2*. Jadi karena di adat kita gak ada midodareni dkk, seserahan itu selalu dibawa disaat pesta lamaran.. makanya si pesta lamaran ini selalu dibuat berdekatan sama tanggal kewongannya!

Plusnya:
Acara singkat, padat, jelas! Gak pake basa basi dan bertele2, apalagi pantun2an.. wong baru nyambut besan di depan rumah, sedetik kemudian kita udah nyanyi "sayonara, sayonara sampai berjumpa pula" kok.

Minusnya:
Kurang berasa ada pesta deh.. abis kok ya kelarnya cepet banget! Bukannya kalo pesta mustinya baru kelar disaat udah banyak yang mabok dan jackpot dimana2 ya? *pesta apa pula ini?*

Udah sih kayaknya yang beda segitu doang *lah katanya banyak?* Hihihi kirain banyak ternyata enggak.. Eh tapi jangan sedih... ceritanya blom selsai inih! Bersambung jaa, ke next post...

2 comments :

  1. Horeee! Next postnya mana?

    Kalo bokap gue tau acara lamaran arab gini, dese pasti seneng bgt deh. Doi seneng banget sama arab-araban, dari mulai cara nikah sampe gambusannya. Mungkin sblm ketemu nyokap gue, pernah ditolak sama cewek arap ya? Jadi obses!

    ReplyDelete
  2. Hahahaha jangan2 ya! Emang kalo udah pernah nyicipin cewek arab agak susah buat pindah ke lain hati sih biasanya...

    Padahal acara arab tuh sederhana banget lho.. gak banyak cing cong, ucuk ucuk kelar! Cuma paling lama di makan2nya aja sih.

    ReplyDelete