The Hairy Clan: The Drama Behind "Venue Akad Nikah" Pt Deux

Tuesday, July 13, 2010

The Drama Behind "Venue Akad Nikah" Pt Deux

Dari awal memang udah diomongin sama ortu, kalopun akad gak jadi di rumah, venue yg dicari udah pasti masjid, karena selain rumah, venue mana lagi yg lebih cantik utk menggelar akad nikah selain masjid? sebenernya... BANYAK! ada Rumah Maroko, Rumah Kertanegara, Plataran Dharmawangsa, Hotel, dll!! tapi beayanya kurang cantik buat kondisi keuangan ortu penganten, jadi masjid ajalah! 


Masjid pertama yg didatengin... Masjid Al Bina Senayan! masjid indang dipilih krn jaraknya yg cuma seumprit dr rumah! tinggal merem sekali, dan pas melek pun lgsg nyampe ke Al Bina. Jd krn alasan lokasi dan krn hampir tiap solat ied saya sekeluarga solat disana, Masjid Al Bina adalah pilihan nomor 1.. tapi yak, apes! tanggal 8 Januari udah ada yg dp buat akad disitu.... Kesel setengah mati rasanya... apalagi pas liat kalo catering inceran sebenernya rekanan sama Al Bina. Lagipula kalo masjid makin jauh dr rumah, berarti bangun pun mesti lebih pagi lagi... aku tak suka!

Akhirnya krn baru2 ini ada keluarga yg nikah di Masjid Sunda Kelapa, bapak saya langsung suka dan dengan semangat patriot, dese sampe bela2in ngecek sendiri ke Sunda Kelapa. *agak rancu antara semangat ngawinin atau semangat gak mau bikin akad di rumah?* Dan utk tgl 8 Januari Alhamdulillah di Sunda Kelapa masih ada. Cuma dari rumah ke menteng jauh jek!! dan plis saya gak mau jd penganten yg harus bangun jam 4 subuh buat dandan... plis! Oh dan krn di Sunda Kelapa catering yg mau saya pake gak rekanan di sana, jadinya hati saya kurang mantep sama Masjid ini... 

Berikutnya saya dan cpp cekidot masjid Pondok Indah.. masih lebih deket dari rumah, dibanding ke Sunda Kelapa! tanggal pun masih tersedia... tapi sayang daftar rekanan catering di Pondok Indah malah jauh lebih terbatas drpd di Sunda Kelapa... ok jadi Masjid Pondok Indah CORET! Terus tiba2 Eki punya ide cemerlang, katanya kakak temennya waktu itu pernah nikah di Masjid yg baguuss bgt di daerah senopati dan bs jadi nominasi nmr wahid buat tempat akad kita! Tapi emang omongan eki kadang2 gak bs ditelen bulet2. Kenapa? 1: akses ke mesjid ini repot dan susah dicari *masjidnya ada di dlm komplek perumahan, kita aja nyasar dulu baru nyampe sini* 2: Bagus darimane? mesjidnya kuno dan amat sangat bener-bener sederhana *Eki ngeles sambil blg "liat Dayasmin, aulanya bagus bgt ada horden2nya kayak di ballroom!" "Ih bagus ya mesjid ini.. ada kolam ikannya segala!"*  3: daftar cateringnya lebih minim lagi dari daftar rekanan Pondok Indah, jadi? CORET!

Dari situ saya inget.. "eh si Mesjid polisi yg sebrang2an sama Pacific Place kan lucu tuh!! coba yok kita kesana!!" dan pergilah kami kesana, tapi sayang ya.. walaupun masjidnya cantiikkk dan bangunannya unik, ternyata masuknya gak bs dari depan Pacific Place... jd buat ke area masjid kita harus masuk ke daerah Polres dulu.. Polres? Polsek? kantor polisi lah pokoknya! ya males lah ya bayangin pas mau nikah harus masuk2 ke kantor polisi.. kok gak berasa kayak calon penganten tapi kayak buronan praktek dukun santet ilegal! Jadi masjid polisi si cantik unik pun... CORET!

Terakhir kita mampir ke masjid Salahuddin yg ada di komplek kantor pajak... Nemu masjid ini sebenernya gak sengaja! gara2 pas mau pulang dari si masjid polisi itu, kita berdua ngeliat ada kubah cantik warna biru diujung. Dan dengan gesitnya kita berdua pun mengejar asal muasal si kubah biru, yg mengantarkan kita berdua sampai ke gedung Mandiri! Tapi apes krn ternyata Masjidnya ada di gedung sebelah, alias gedung Kantor Pajak. Jadi dari gedung mandiri kita harus jalan kaki sampe ke gedung pajak... dan seketika pun saya ngidam es krim woody! 

Nyampe Masjid Salahuddin hati berdegup kencang!!! Masjidnya baguuussss, kecil tapi cantik! dan dingiiinn banget!! rasanya hati adem kayak mau masuk surga! Tapi gak mungkin banget bikin acara akad disini.. karena sebenernya ini emang mesjid karyawan kantor pajak.. jd tamu2 nanti harus parkir dulu di basement gedung pajak, naek ke lobby gedung, baru dari sana jalan ke masjid indang.. dari situ kebayang muka keluarga yg sepuh2 nyumpahin spy kehidupan pernikahan kita gak bahagia gara2 buat ke area mesjid aja kok ya harus bikin kakek nenek jalan 3 km! Lagian kayaknya masjid ini gak punya aula, jd kalo pas acara makan2 gak jelas harus dmn.. Dan bener aja, pas saya nanya sama mas2 penjaga masjidnya apa ini masjid pernah dipake acara akad nikah, dia bilang enggak! ok kalo gitu udah pasti nih masjid bukan buat acara kawin2an... melainkan cuma buat solat2an!

Akhirnya perjalanan ngelilingin Yakarta nyari masjid yg cantik dan lucu sia2... kita kembali ke awal which is Masjid Sunda Kelapa! yaudah... mungkin takdirnya emang disitu... doain ya, biar pun ini bukan venue idaman yg mantap di hati, tapi acara nikah kami nanti bisa sangat indah layaknya bulu kuda sembrani!


10 comments :

  1. Masjid SD Islam Al Ikhlas.... tempat parkir luas tersedia... ada internet cafe... dan banyak tempat2 menarik untuk anak2 kecil berlari2....

    Btw gw kebayang eky ngusulin masjid aneh yang ada gorden2nya... pasti dia juga bersikeras itu bagus hahahahaha

    ReplyDelete
  2. Masjid SD Al Ikhlas gak mungkin, nyarinya bikin repot buat yg gak familiar sm daerahnya.. apa lagi tamu2 luar kota!

    Eki emang lucu.. jd seinget dia tuh masjid bagus, eh pas masuk ke dalemnya mungkin dlm hati dia jg ngomong "kok kayak gini ya ni masjid" jadilah dia muji2 bagian yg gak penting dr tuh masjid.. kayak horden, kolam ikan, dll.

    ReplyDelete
  3. Duh Dayasmin, kalo Yeka masih jadi vapres, bisa numpang bobo deh di rumahnya krn rumah vapres kan tinggal lompat engklek dari SunKel hahaha (seenaknya minta bobo). Tapi SunKel bagus kok, Fry. Ademm. gue suka tarawih disitu, tongsengnya enak (trus..?)

    Lo gak mau di Masjid Kubah emas? Kan cantik bgt. Tapi sdh pasti yang dateng cuma elo, Eki, bokap, dan penghulu. Yg lain ogah krn jauh be'eng!

    ReplyDelete
  4. @Leija : Aduuhhh yeka knp gak maksa jd vapres lg sih??? kan jadinya penganten bs dandan disitu!!

    Hahahaha Masjid Kubah Emas!! gak usah tamunya ya... gw aja yg jadi penganten mungkin agak males dateng dan minta diwakilin aja deh hahahaha!!

    ReplyDelete
  5. Mesjid Istiqlal fri, gue kemaren kawin disana, mesjidnya gut and big.. Parkirnya juga big. Coba dicek TKPnya deh

    ReplyDelete
  6. Bookk Masjid Istiqlal pasti cantiikkk banget nget nget!!! tapi bukannya gak boleh makan disitu ya? *waktu itu gw baca di blog loe kalo gak salah*

    ReplyDelete
  7. Kalau kata WO gue dulu ga boleh makan..tp alasannya gue ga jelas apa karena gue hari jumat jadi waktunya mepet kudu diberesin buat org2 solat jumat apa emang ga boleh.. tapi lebih murah sih jatohnya, gue akhirnya bikin kotak gitu isinya kue2 ama supenir..hehehehe kurang seru sih bok karena abis akad, salaman lsg balik. Tapi tempatnya bagus benerrr megah abis (ga perlu dekor mahal) huehuehue.. ga gitu mahal kalau ga salah sewanya..dibawah empat yuta kalau ga salah.. Tanya2 aja fri :)

    ReplyDelete
  8. Oooo ya mungkin karena hari Jumat itu kali ya, makanya gak boleh makan...

    Tapi bapak gw udah terlanjur dp di Sunda Kelapa sih... ngebet banget doi sama Sunda Kelapa! Jadi yo wis lah, nanti curi2 icip suami barunya di SunKel aja...

    ReplyDelete
  9. Yasmin... lu lutcu amaat sih.. gW mau kawin jg nih.. kl sukses ksh info jg yah... sps emang udh kawin yah...

    ReplyDelete
  10. Hihi makasiihh.. nikahnya belum... kan masih Januari *bisa diliat di daisy path* Nanti kalo acaranya udah kelar pasti ada review2nya kok.. Ditunggu ya!

    ReplyDelete