The Hairy Clan: Renewing The Most Famous Pre-Wedding Photo Poses!

Monday, February 15, 2010

Renewing The Most Famous Pre-Wedding Photo Poses!

*Harap diperhatikan! postingan berikut mungkin dapat menyinggung pihak tertentu yang tidak berpikiran sama seperti saya... Jadi sebelumnya saya minta maaf dulu ya, misalkan kata-kata dibawah ada yang kurang mengena. Mudah-mudahan sih enggak ya, karena postingan ini hanya dibuat untuk seneng-senengan aja dan memberikan angin segar dalam dunia foto pre wedding yg mulai membosankan dan seragam.
Jadi begini ya capeng-capeng... saya nih udah sampe ditahap pengen nangis kalo liat foto pre-wed yang kembar siam di tiap kondangan. Soalnya kalo dibikin perhitungan statistiknya ya, dari 10 resepsi yg saya datengin, 7 resepsi akan menampilkan foto pre-wed dimana pengantennya mempraktekan 'romantisme jejadian' *aduh ini ngarangnya pol*

'Romantisme jejadian' sendiri sih sebenernya kurang lebih berisi pose pose prewed dimana cpp dan cpw itu tampak mesra dan bahagia."Loh terus gak ada yang salah dong seharusnya?" "bukannya emang udah wajar banget pasangan yang mau menikah harus tampak sukacita?" ya iyasih ya.. Tapi kalo terlalu dibuat-buat dan gak alami jadinya kan kurang nikmah untuk diliat.  

Kenapa saya bilang itu romantisme jejadian? soalnya saya yakin dalam realitanya, gak semua pasangan-pasangan tersebut mempraktekan kelakuan romantis seperti yang mereka perlihatkan di foto pre-wed. Gak mungkin deh pas kencan malem minggu tiba-tiba tercetus ide, "Eh kita kencan ke sawah yuk... liat orang2an sawah sambil pegangan tangan.. pasti romantisnya pol!" Gak kan?? makanya jadinya palsu.. padahal mustinya dari foto prewed, tamu yang liat bisa langsung nebak... oh Si badrul orangnya begini ni kayaknya ya, kalo si Santi begitu deh kayaknya.. 

Nah skrg kalo pose prewed kita mirip-mirip sama foto pre-wed jutaan penganten di luar sana, jadinya malah sangat tidak personal! Mana di foto itu yg benar-benar menggambarkan anda dan pasangan? mana dari foto itu yg akan sangat melekat di benak tamu-tamu anda? Kalo foto di kondangan ina sama itu hasilnya sebelas dua belas sih kayaknya boro-boro bakal diinget ya.. jangan-jangan malah sruutt.... dilewatin aja fotonya. Duh jangan sampe ya? Karena kalo udah begitu nanti jatohnya malah mubazir toh? ya mubazir duit, mubazir tenaga, mubazir make-up, senyum, dll.

Jadi apa dong solusinya? Nah coba deh keluar dari patokan-patokan foto prewed yang anda tau.  Dan daripada mempelajari foto prewednya capeng lain, mending diganti dengan rajin-rajin buka majalah, liat foto jaman mama papa masih muda, liat gambar pahlawan nasional, tonton video klip yg keren-keren, dsb. Dari situ mudah-mudahan dapet deh inspirasi baru buat konsep foto. Dan juga buang jauh-jauh pemikiran kalau romantis itu adalah bermain-main di pematang sawah, air terjun, pantai dan sebagainya.. wong tempat-tempat kayak gitu malah rawan kecelakaan kok (tsunami, longsor, hanyut). Romansanya belah mana?
Karena itu, lewat postingan kali ini saya ingin memberikan beberapa saran tentang bagaimana mengolah pose-pose andalan dalam foto prewed dan mengubahnya sikit-sikit agar menjadi lebih menarik. Nah mari kita tilik bersama tips-tips di bawah ini.

POSE 1:
Gandengan sambil bertatapan dan tersenyum bahagia.
Detail: mata kedua pasangan tidak menatap ke arah kamera.
Lokasi: Air Terjun (walaupun lebih mirip kolam ikan koi gak sih?)


Gimana caranya agar pose gandengan tangan kayak diatas bisa keliatan lebih menarik dan berbeda?
  1. Pindah lokasi... memang sih alam itu ciptaan Tuhan yg indah bukan main. Tapi kalo mau lebih jeli mencari, banyak kok lokasi non alam yang bisa dipilih. Jadi kunci pertama adalah jauh-jauh dari don't go jason waterfall ya.. *dadah dadah sama TLC*
  2. Alih-alih berusaha bikin foto candid-candidan dengan cara gak liat ke arah kamera, gimana kalau mulai sekarang coba kebalikannya. Tatap lensa lekat-lekat dan bicara lewat mata *oke deh*
  3. Nah kalo udah belajar natap lensa kamera, pelajaran selanjutnya adalah untuk tahan senyuman. Coba aja itu diliat foto halaman fashion spread jarang banget ada modelnya yang senyum kan? Soalnya memang foto tanpa senyum itu kesannya dramatis. Dijajal deh kali-kali cocok ya.
Now let me show you holding hand poses that looks utterly cute:  


Nah bikin foto model begini selain gampang, insya allah juga less berbahaya.  Pose pun tetap pegangan tangan tapi sambil lompat-lompatan di tempat tidur. Asik ya kayaknya? Kalo capek tinggal reba'an... muka dua sejoli sih memang senyum.. tapi kan senyumnya natural karena keasyikan main, jadi kita yang liat pun ikutan girang. Ok lanjut ke contoh kedua ya..

 

Ini contoh foto lain yang saya harman.. tetep pegangan tangan, tapi bayangannya tok yang keliatan.. ucul kan?  Foto kayak gini cocok deh buat pasangan yang mungkin lagi ada masalah jerawat akut di muka... Jadi sambil nyicil perawatan tetep bisa ikut trend bikin foto prewed. Malah berbonus foto yang unik dan terbilang nyeni. Lumi ya... 

POSE 2:
Hap! Lalu kutangkap!
Detail: Yang wanita biasanya posisi berada di depan si pria. Lalu si pria akan either memeluk pasangannya dari belakang atau  kalau dari contoh foto di bawah... menggeremet tangan si wanita. *ini kalo saya yang praktekin pose begini bisa-bisa diarak keliling yemen... nempel amat itu badan-badannya*
Lokasi: masih ngalam nih mainannya... Hutan!


How to makeover this pose? Sebenarnya jujur agak susah... karena pose-pose kemesraan macam peluk cium perasaan kok diliatnya emang kurang sedep aja gitu ya. Tapi mungkin kalo harus tetep peluk-pelukan saran saya:
  1. Jangan lagi peluk bagian pinggang! Mungkin bisa dicoba peluk bagian lain seperti leher, lengan atau kaki.. mungkin dengan begitu pose yang segar bisa dicapai.
  2. Dan seperti saran saya dalam pose sebelumnya, tahan senyum manisnya ya..
  3. Masih seperti saran saya dalam pose sebelumnya juga *mulai habis ide* sebaiknya pilih lokasi selain alam-alaman.
Dan berikut adalah versi makeover dari pose di atas:


Nah ini salah satu contoh pose peluk leher. Tanpa senyum manis di bibir merah mba dan masnya merupakan salah satu faktor si foto keliatan dramatis kalo menurut saya. Mau nyontek bikin foto begini juga gancil nih.. tinggal sepedaan di senayan langsung dapet aura yang sama kayak foto di atas *tapi dibantu pake wiridan seribu kali mungkin ya*

 

Dan yang ini adalah contoh untuk pose peluk kaki! Yang mana adalah foto favorit saya. Cuma kalo si mba dan si mas matanya sama-sama menatap ke lensa kayaknya bisa lebih siamik lagi deh foto ini

Oiya kunci lain dari keberhasilan konsep-konsep foto macam di atas adalah niat yang tinggi. Misalnya mau bikin konsep foto vintagey nih. Ya harus mau cari-cari kostumnya yang sesuai. Selain itu juga tone warna foto ya dibuat lah semirip mungkin dengan foto-foto lawas. Kalo ada satu atau dua hal yang kuraaanng aja.. kayaknya hasil akhir fotonya akan tetep kurang maksimal ya..

POSE 3:
Menatap langit
Detail: kedua pasangan tersenyum sambil memandang awan. Cuma yang dilihat apa? akan menjadi misteri sepanjang hayat.
Lokasi: masih bagai si bolang..

Cara merombak pose ini?
Aduh kayaknya kuncinya sih cuma 1:
  1. Terlihat dengan jelas apa yang sedang dilihat.. Soalnya pada penasaran gak sih? mukanya pada girang-girang banget tuh ngeliatin apa? Kalo kita bisa liat juga kan enaaakkk...
Nah, sekarang saya kan seharusnya memperlihatkan versi makeover dari foto di atas... cuma karena gak ketemu foto menarik yang terinspirasi dari pose memandang langit, jadi foto di atas saya edit sendiri.


Foto di atas sekaligus menjadi penutup postingan kali ini ya. Semoga anda dan pasangan bisa menemukan konsep foto unik yang berkesan di hati.

Terima Kasih,
Salam Bridezilla!!

*ps check out this link for a funny comments on tacky engagement photos!

38 comments :

  1. wakakakakakaakakakaka....kocak abis tataci.....apalagi tambalan kuda sembraninya itu....wakakakakaka.....sampe terhemek2 disini, kamila aja sampe ketakutan denger gw ketawa2....trus dia *as usual* berkata: "jangan ketawa2 papa"....wakakakaka....the best lah postingan tataci yg ini :D:D:D:D

    ReplyDelete
  2. huahahahaha, paling gak nahan liat kuda terbang nya! great ideas btw, walopun buat kita dah telatt :( eh tataci, namamu yg pertama ditanyain sama kamila pas dia sampe melben loh..:)

    ReplyDelete
  3. Aaaahhhhh kamilaaaaa... aku pasti memang orang favoritnya kamila ya? iiihh bilang ya tataci disini udah kangen parah sama kamila! maenannya udah dia buka blom?

    ReplyDelete
  4. udahhhh kok bs pas sih pilih mainan yg emang dia lagi suka tuh, dah berantakan abis nih 1 rumah sama mainan dia.

    ReplyDelete
  5. Ahahahaha!! aahh kangen banget deh... btw selamat bersihin rumah yg udah kayak sarang setan ya! hahaha

    ReplyDelete
  6. gebleeeeeeeeeeeeeeegggggggg hahahaha

    ReplyDelete
  7. hahaha... mosok geblek sih?? bukannya informatif?

    ReplyDelete
  8. informatif banget, beneran... tapi kayaknya yang harus dikasi pencerahan nih sebenernya para vendor foto, karena suka kasih arahan-arahan menjebak utk para capeng-capeng malang

    tapi kekreatifitasan lo dlm ngasih contoh gebleg abis, kocak hahaha

    ReplyDelete
  9. Omg omg omg...

    Honestly Frid... gw bener2 enjoy bacanya dan ngakak2 sendiri hahaahahha love it... gw kirimin linknya ke temen gw yang fotografer... kayaknya dia bakalan enjoy juga bacanya..

    Luar biasa... harusnya loe sama eky saling ngupil... pasti bagus tuch. lgpl foto2 eky ama kamila udah bisa bikin prewed bagus

    ReplyDelete
  10. informatif kreatif. ngakak deh gw sepanjang pagiiii....
    update dong yang pose picking nose :p

    ReplyDelete
  11. @Leija: naaahhh itu dia la! memang kadang2 gw curiga para vendor foto ini males apa gmn sih, ngasih konsep ke semua capeng sama semua... aje gile deh!!!

    @Ari: Naahhh gw sama eki udah punya konsep yg mantab ri!! cuma tinggal eksekusinya aja nih, gak tau bs apa enggak! tp yg pasti motto gw adalah: kalo foto prewed gw jadinya norak, mending gak dipajang sm sekali! takut jilat ludah sendiri deh ni!

    btw gw dulu sm eki punya konsep prewed konyol. misalnya eki ngeludah nih "puh" terus gw jd ludahnya eki! nangkep gak? jd eki posenya lg mulut monyong2 ngeludah gitu kan, dan gw jadi ludahnya, jd ada byk frida kecil2 gitu mau turun ke jalan... ahahaha. Tp gak jadi dipake karena terlalu jorok!

    @Vara: bikinnya susah var... nanti kalo gw sama eki lagi gak sibuk mungkin kita aja yg jadi model pose terbaru itu... soalnya gw nyari di google gak dpt2 bow!

    ReplyDelete
  12. Hi hi.. salam kenal sebelomnya.......
    btw...gw enjoy banget baca blog loe ini...gw setuju banget sama kebanyakan yg loe bilang diatas.. dari sudut pandang photographer.... terus terang.. gw juga mayan eneg liat pose2 seperti itu.... keliatannya norak dan kurang kreatif plus most importantly, it doesnt tell a real story about the couples (just like you mentioned)...

    dan sebagai photographer, saya merasa sakit hati melihat, org2 ngaku2 photographer (asal punya kamera gede kan dah jadi photographer!! ya ga ri?) , dibayar mahal untuk sebuah photo yg menurut saya over value, cuma karna org itu sudah di pakai banyak org , atau sudah terkenal di bidangnya.. akirnya smua org pun ikut2an, pengen di poto sama org terkenal..atau suru photographer yg lbh murah untuk mengikuti gaya2 si photographer terkenal,biar dikirain org diphoto sama org terkenal itu.... disitu susahnya mental org indonesia yg sangat ingin di liat "bergengsi" dan tidak bisa menghargai and/or accept something new. di situlah juga memicu permunculan photographer2 amatiran yg cuma mengincar uang.

    org yg berpikir seperti kita itu minoritas..
    tapi apakah kita bisa hidup sebagai minoritas? atau mau nga mau harus cari makan dari majoritas?? and of course, though we dont like it.. we just have to do it :( sad but true.

    konsep ludah loe itu lucu banget.. seandainya aja banyak org yg punya ide2 prewed spt itu....
    tapi bare in mind.. all creative ideas and achieving high quality images, needs lots of time and efford. if you ever have the option of quality over quantity... misalnya.... dapet 100 prewed photo, atau 1 photo special (ludah scene) dengan harga yg sama.. manakah yg akan anda pilih??

    ps: kalo one day loe bener2 pengen konsep2 aneh n lucu loe tercapai, visit my website : www.studio-melt.com
    I can make your dreams come true :)

    thx and keep posting
    xx

    ReplyDelete
  13. lucu banget nih postingannya. i can't stop smiling. and gue setuju banget.

    gue sendiri ga pake foto pre wed sih, menurut gue rada norak soalnya. dan ga ngerti juga buat apa. tapi banyak juga kok foto2 pre wed yg kreatif & bagus.

    ReplyDelete
  14. Hiiii!! selamat datang di blog saya dan salam kenal jg!!

    Iyes.. memang kadang masalahnya sama orang indo itu mereka malah tidak mau terlihat berbeda dgn org2 lain.. gak ngerti jg ya knp gitu? krn gak mau keliatan beda itulah akhirnya mungkin mereka suka ngikut2in apa yg udah ada aja. Walaupun akhirnya itu bisa bikin identitas mereka jd ngeblend sama yg lain2..

    Daannn gw udah buka link studiomelt loe.. baguuss!! yg bagian weddingnya belom ada fotonya apa gmn ya? gw coba buka kok gak bs.

    Gw pengen diskusiin soal konsep prewed gw deh.. cuma masalahnya loe di melben dan gw di jkt bookk! hahahaha jd sesi pemotretan pastinya agak sulit yaaa... punya temen fotografer di jkt yg bisa di rekomendasiin ke gw gak? dan kalo bs harganya yg tidak menohok ke jantung! hohoho...

    ReplyDelete
  15. @MF ahahaha... iya emang gak semuanya norak sih.. punya tmn gw bbrp jg ada yg bagus dan kreatif.. Gw sih emang krn doyan di foto seneng2 aja sama konsep foto prewed, cuma ya itu.. mnrt gw fotonya sendiri harus layak pajang! dan mumpung dibayarin ortu kapan lagi foto2 keren sm cpp hahaha..

    ReplyDelete
  16. alo Frida....
    untuk info lbh lanjut email aja ke email gw.. biar gw ada email loe n kita bisa diskusi lbh lanjut. emang web wedding belom jadi2 nech.... huahahha.. maap, tp terus terang photo wedding yg selama ini gw photo jg ga sekonsepsual ide loe.. blm ada pasarannya.. hauahuaha...... tapi email2 aja nnt masalah shooting n budget mgkn bisa di atur..ahhaaha........ n masalah kenalan photographer di indo yg bisa direkomendasi belom ada tuch... masi blm ketemu yg cocok :(

    xxx

    ReplyDelete
  17. aaahh fraayy.. aku ada pose nempel2 gt.. hahahha xp

    ReplyDelete
  18. ahahahaha... ya gpp kaliiiii.. seperti gw bilang selera org beda2. Dan ini pyur pemikiran gw tok! di tambahin pegasus aja di pundak kamu atau farid biar lucu! ;p

    ReplyDelete
  19. hihihi..this is hilariouusss! ngga bisa brenti ketawa pas baca..hahahah..jd ngga sabar deh liat foto prewed loe n si maha babi..hihihi..

    eh btw, tunjukin blog loe ke rizal, fry..dia khan suka nyari2 penulis2 buat bikin buku gitu...

    ReplyDelete
  20. Masaaakk siihh?? ih nanti segera gw kasih tau rizal!!!

    aaaahhh septi! jd maksud loe, kemampuan gw merangkai kata sekaliber penulis buku ya?? iiihhhh aku tersentuh duueehhh! hahahaha

    ReplyDelete
  21. Setubuuuh setubuuh frida, gue dari awal juga uda rewel ma tukang putu gue kalo gue ogah bin amit2 putu di alam, sapa juga yang hobinya pacaran di sawah ato di aer terjun?! hauhauahu very nice blog nice nice nice, i laugh my ass off apalagi kudanya..kiyut banget deh HAUhauhauahua

    ReplyDelete
  22. Iya emang diwanti2 aja deh para fotografer, no more foto2 mesro, cinto2an geletakkan di rumput, aer dan sejenisnya! perasaan udah ampir gak ada org yg pacaran di tempat begituan gak si? kecuali mba2 sm masteng2..

    ReplyDelete
  23. ahahahaha... kocak abes neh... untuuuung foto2 prewed gue nggak ada yang kayak lo sebutin di atas... walau gue juga nggak tau sih apakah pose2 gue itu 'pasaran' atau beda dari yang lain... ummmmm...

    yeah at least gue udah ngerasain siiih gimana rasanya jadi fotomodel sehari serta mencurahkan kenarsisan gue... :p hihihihihi... tapi postingan lo lucu koq, malah bisa jadi inovasi baru buat capeng2 yang blom 'terjebak' oleh vendor2 foto yang pasaran... ^^

    ReplyDelete
  24. Ihihihi.. amin2. Emang mudah2an para capeng dan vendor dua2nya bisa terbuka mata dan pikirannya, bahwa banyaakk beneuurrr pose yg bisa dibikin selaen pose nempel2 melulu ;P

    ReplyDelete
  25. hahaha, aku juga ikutan ngakak baca posting ini, dan langsung ngelirik foto prewed sendiri, dan astaga banyak sekali pose yang romantisme jejadian itu,,
    tapi aku gak nyesel sih, soalnya prewed itu juga gratisan dari dari vendor liputan kita, dan emang kita gak request konsep tertentu, jadi semua pose emang diarahin ma photographer,, maklum bukan pasanan kreatif alias pemalas yang males mikirin konsep unik-unik buat prewed,, tapi selama hasil akhirnya bagus, kita sih seneng2 aja,, :)
    ada tuh prewed yang konsepnya beda & keren rebellionik.com, sayang budget kita ga nyampe buat pake mereka..

    ReplyDelete
  26. aahhahahahahah benerrr buaannggeettt... gue juga maunya foto2 prewedding nanti adalah hal2 yg emang kita suka lakukan bersama.. jadi mesti natural.. ngga kurang kemungkinan kalo gue bakal dig on old pictures.. semoga yg cetak bisa print dari foto2 digitalll...!!! :)

    ReplyDelete
  27. @Ressy: Hi ressy, salam kenal ya... ahahaha iya. Sebenernya foto prewed mau pose kayak gimana jg, selama hasilnya bikin si capeng seneng sih, ya sah2 aja kok.

    @Sari: Hi Sari... iya bagus tuh... mending cari dr foto2 lama yg lucu2. Kalo gak niruin pose foto mama papa waktu pcrn jg lucu lho.. ;)

    ReplyDelete
  28. fry... firsr comment lhoo!
    lucu berat beng-beng tulisan lo,
    gue jg ngga suka bgt prewed di antara ilalang gitu, takut gatel & banyak nyamuk.

    prewed gue jg di bioskop, lap.bola & toko buku demi menghindari hal-hal diatas, hya haha..

    sukses terus ya sis,
    semoga dagangannya makin laris..
    ahahaha!
    semoga selamat sampai tujuan fraydeeey..
    yaitu sampai maut memisahkan sambil berpengangan tangan!

    ReplyDelete
  29. Aahahahahahaha... iya laahh dijamin gatel dan bikin bruntusan gem!! mosok udah bayar mahal2 pake fotografer oleh2nya bentol2... kita kan calon penganten yaaaa?? kulit harus selalu terjaga halus..

    Dan gw pun tau prewed loe yg dgn fotografer mahal itu kan?? hahaha... kan aldi sama kayak eki. Kalo disuruh mesra2an mendingan gak foto prewed! iya kan?

    Makasih ya sis doanya.. amin amin amin! kapan belanja lg nih sis?? ahaha... jijik loe! bawa dagangan kesini2.

    ReplyDelete
  30. haaai fridaaa..
    tengs yaah komennya di blog :)
    eh ini blog lucuu bangeeeeet..
    hiahahahah... emang tu pooto prewedding krg aksi..klo gw mah maunya duduk diatas stang motor...hahaah..atau manjet pu'un atau manjet pager.. *nah lo*

    hihihi...terus posting yah..ay mau follow ah... btw bekgronnya ..kombinasi warnanya smuanya baguus ..ay laik dis :)

    ReplyDelete
  31. Imaaa selamat datang di blog ini!
    Wow foto manjat pohon lucu tuh im.. terus yg cowoknya posisi lebih agak di bawah terus sok2 ngintip rok loe! hahaha...
    Foto duduk di stang motor jg keren... penuh aksi yg berbahaya! biasanya foto prewed kan yg cw duduk di stang sepeda, yg laki nyetir sepedanya... nah sama loe dibawa ke level yg lebih tinggi.. bagus bagus!

    Terima kasih atas segala pujiannya terhadap blog yg masih penuh kekurangan ini yaaa.. kalo ada saran saya akan terima dengan baik... sedangkan kritik biasanya sih tidak saya dengarkan! ahahaha..

    Monggo blognya di follow.. saya jg mau follow blog jeij aahh.

    ReplyDelete
  32. Hallo salam kenal...

    Gileee.. keren postingannya..kreatif..
    Gw suka banget kata2 yang lu pilih.. dan si kuda terbang itu...hahaha...

    Komentar gw tentang postingan ini :
    SETUJU..!!! Romantis tidak melulu melankolis..

    ReplyDelete
  33. Wow rebellionik kok bisa nyangsang kesini? hahaha...

    Makasih lho udah baca! Dan yes yes yes, melihat dari hasil foto2 kalian... i think we're on the same page about pre-wedding pictures!

    Daaann... jangan2 kita jodoh nih! Disaat gw lagi kepikiran mau nelf kalian buat ngajak ketemu, eh kalian komen disini! hahaha...

    ReplyDelete
  34. Hahaha.. Ini bener2 ga sengaja..
    lagi googling blog, ada kata-kata yang menarik..ya dibuka aja.. tau-tau gokil banget isinya..

    Kita berdua disini sampe ngakak2..
    Seneng aja nemu orang yang "sama"..jadinya kasih comment deh.. hihi..

    Yuk ketemuan.. mudah2an cocok dengan apa yang lu butuhkan.. (lho..jadi dagang disini.. hehe.. maksudnya comment disini kan mau ngasih apresiasi buat tulisannya..hihi.. ma'af..)

    ReplyDelete
  35. Blogwalking ke dari satu wedding blog ke wedding blog yang lain, sampai akhirnya nyangsang disini :p

    nice post!! really like it :)..krn aku juga lagi nyari ide2 foto prewed yang ga gtu2 aja..haha..

    salam kenal yaa..aku link wedding blog mu yaa..

    ReplyDelete
  36. Iyaaa.. ayo cari pose2 foto prewed yg segar yaaaa ;)

    ReplyDelete
  37. Kak / Mba / Jeung Fryy,, alhamdulillah liat postingan ini, jadi ga terjebak dengan pose2 pre wedding macam begono :P *emang ga mau*

    asli, baca postingan ini berkali2 tetep aja ngakak :)))

    aku link ya postingannya di sini http://tiananana-weddingprep.blogspot.com/2012/06/pre-wedding-photo-concept.html

    been a fan of your blog since last week!!!

    ReplyDelete
  38. Holaaa tiaaaa.... ahahaha baguslah ya kalo postingan ini bisa sedikit membantu.
    Silahkan di liinnkkk... maacih lho! Sering-sering mampir yaaa ;)

    ReplyDelete